Welcome...Selamat Datang...

Jumat, 20 Januari 2023

Kambuh

Ini sudah berakhir, aku telah memutuskan rantaiku. Kawan, aku kembali ke pelukanmu. Yang cantik tidak layak untukmu; bantuan mereka menghabiskan terlalu banyak masalah. Mainan temperamen mereka yang berubah-ubah. Aku tersipu pada kecanduanku: Aku mendapatkan kembali ketidakpedulianku, dan aku menemukan kebahagiaan. Dewa panen anggur yang gemuk akan menginspirasi aku untuk lagu-lagu lain. Ini adalah satu-satunya kesenangan murni; ini untuk semua musim; dia sendiri yang menghibur kita dan membalaskan dendam kita.

Apa yang aku katakan, malang! ah! betapa sulitnya, untuk berpura-pura keriangan di dada kesedihan! Mulut tersenyum buruk ketika mata menangis. Mari kita singkirkan nektar yang tidak berguna ini dari kita. Dan engkau, persahabatan yang lembut, kesenangan murni dan ilahi. Tidak, engkau tidak lagi cukup untuk jiwaku yang hilang. Untuk seruan nafsu yang bergemuruh di dadaku. Sia-sia engkau ingin memadukan suara manis dan sucimu: Engkau mengeluh atas penyakitku yang harus dicegah. Engkau menawarkan aku dukunganmu ketika musim gugur dibuat; dan engkau menyelidiki lukaku alih-alih menyembuhkannya. Pergilah, jangan bawakan aku lagi kehati-hatianmu yang cemas: Biarkan aku pusing pada kenyataan. Biarkan aku tenggelam ke dada chimera, semua membungkuk di bawah besi untuk menyanyikan kebebasan. Pegang bayangan sekilas dengan transportasi, dan berbicara tentang kebahagiaan. Meneteskan air mata pahit.

Mereka akan datang pada hari-hari yang damai itu, saat-saat kebangkitan itu, ketika alasan yang parah, di malam kesalahan bersinar terang, dan menghalau di mata kita mimpi cinta. Waktu, yang dengan sayap ringan membawa pergi selera dan kecenderungan kita, akan segera mengakhiri pengembaraanku. Wahai teman-temanku kemudian lolos dari rantainya, dan sembuh dari kesedihannya yang panjang. Hati yang mengkhianatimu ini akan terbang kembali padamu. Pada pengalamanmu mendukung kelemahanku, mungkin aku bisa dengan kelembutan yang gila mencegah umpan balik cemburu, pada kesenangan fajarku. Engkau akan melihat aku membuat mata basah dengan air mata, untuk mendesah terlepas dari diriku sendiri, memerah karena kesalahanku, dan, bahkan tersipu, masih menyesalinya.

***
Solo, Rabu, 2 Maret 2022. 6:44 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
image: painting by Volha Zakharanka

0 comments:

Posting Komentar