Welcome...Selamat Datang...

Minggu, 29 Mei 2022

Suara di Hutan


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aku mendengar suara lembut, seperti angin melalui pepohonan,
tetapi tidak ada angin, karena udaranya tenang.
Dan hutan berdiri menunggu, diam serta kuat.
Pepohonan berjaga-jaga seperti biasanya.

Suara itu terus memanggilku, memanggil namaku.
Saat aku berjalan dengan damai melalui rimbun hijau yang tenang,
berkeliaran, mengembara, ke kedalaman
di mana rusa yang diam berjalan, dan jalannya tidak terlihat.

Burung-burung di atas, menyanyikan lagu-lagu mereka,
gemerisik dedaunan di bawah setiap langkah.
Dan aroma manis pinus, parfum manis bagiku
di hutan yang begitu dalam, begitu murni disimpan.

"Engkau siapa?" Aku bertanya, "Mengapa menelepon aku?" kataku.
Tetapi suara itu hanya berkata, "Mendekatlah, anakku."
"Aku akan berbicara denganmu, ayo," adalah satu-satunya jawaban.
Namun kedamaian tumbuh lebih kuat, jauh di alam liar.

Dan akhirnya, aku berhenti, karena suara itu kemudian berkata,
"Aku di sini, berhenti mengembara," dan aku mengangkat mataku
ke tempat terbuka kecil yang tenang, di mana pohon tumbang tergeletak.
"Duduklah," kata suara itu, dengan bijaksana.

Banyak hal yang kami bicarakan, suara itu dan aku.
Semua hal yang menurut hatiku terlalu berat untuk kata-kata.
Suara dan aku berbicara selama berjam-jam, sepertinya,
tetapi satu-satunya suara yang dibuat adalah nyanyian burung.

"Aku mengerti, Nak. Biarkan aku mengambilnya darimu.
Engkau telah membawanya sekarang selama bertahun-tahun."
Dan aku merasakan cinta seperti selimut yang menghangatkan,
dan aku merasa diriku, seperti anak kecil, disayang.

"Tetapi, aku yang harus disalahkan, aku telah melakukan semua ini!"
"Aku tahu," kata suara itu, "tetapi itu tidak berarti apa-apa sekarang."
Kemudian cinta dan kedamaian tumbuh lebih hangat lagi.
Selama hidupku, aku tidak pernah bisa mengatakan bagaimana caranya.

"Pergilah dengan damai," kata suara itu, "Engkau harus menempuh jarak jauh."
Saat aku tersenyum dan berbalik untuk berjalan di tanah hijau,
"Aku mencintaimu, anakku." "Aku juga mencintaimu," kataku.
Hutan ... hidupku ... suara ... Tuhanku.

***
Solo, Jumat, 18 Juni 2021. 8:25 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
illustration by TylerEdlinArt on DeviantArt
 

0 comments:

Posting Komentar