Welcome...Selamat Datang...

Minggu, 27 September 2020

Perubahan











aku mencari sukacita dalam kedamaian

beristirahat menenangkan lelah pikiranku 

tertekan oleh beban yang begitu berat

hanya istirahat yang harus aku temukan

daya tahanku telah menemukan batasnya

aku perlu waktu untuk berdiri menyamping

kesempatan yang manis untuk melupakan


tetapi di mana menemukan jalan menuju kedamaian

suatu situasi yang tidak begitu jelas bagiku

gaya hidup sibukku tidak dapat memahami 

cara untuk mengatur waktu luang

aku selalu bergegas dari A ke B 

tanpa memberi kesempatan melihat ke samping

aku memiliki hidupku begitu terkendali

sesungguhnya, aku merasa cukup bangga


tidak ada yang bisa memberi tahu aku 

apa yang seharusnya aku lakukan

aku adalah orang yang dibuat sendiri

jadwalku dikendalikan olehku sendiri

aku  mempunyai rencana menyeluruh

sungguh bagus ketika semua hal berjalan 

sesuai keinginanku tak ada yang mengganggu

tidak ada siapa pun yang membantah

caraku senantiasa jelas


tetapi bertahun-tahun dari hal ini 

tidak membuatku bersukacita

meskipun kekayaan yang kukumpulkan

tampaknya semua barang yang kumiliki akan berlalu

aku tidak punya teman yang tahu masalahku 

aku harus mampu menahan diri

mereka semua memiliki masalah sendiri

selain itu juga tak ada yang bisa mereka katakan


mereka iri padaku dengan semua kekayaanku 

mereka tidak pernah mengetahui kesulitanku

aku memiliki sungguh kehidupan ini

tiada lagi yang belum aku dapatkan

tapi kesepian ini mengerikan 

dan kekosongan itu menyedihkan

tampaknya tidak ada tujuan setiap hari

tidak ada situasi untuk bahagia


jadi sekarang aku menunggu; mengapa

aku tidak tahu, tetapi hidup bagiku harus berubah

pasti ada lebih dari sekadar keberuntungan

suatu cara untuk mengatur ulang

pasti ada tujuan, dan seseorang pasti tahu

mengapa hidup itu rumit

dan hari-hari begitu penuh kesengsaraan


mungkin engkau memiliki jawabannya

mungkin engkau tahu jalannya

mungkin engkau pernah melewati situasi seperti ini 

jika demikian, tolonglah aku

jika perlu, aku akan bersabar

aku bahkan akan mengikuti saranmu

aku akan dengan senang hati melakukan perubahan

apa pun yang harus aku lakukan


aku tidak butuh kebebasan

aku sudah mendapatkan kesempatan itu

aku merindukan pemahaman

untuk mengetahui di mana aku berada

suatu hari aku berharap mengucapkan terima kasih 

karena engkau mengetahui apa yang aku butuhkan

mungkin dengan makna yang lebih besar

dengan tujuan, bukan dengan keserakahan


aku tidak tahu bagaimana aku sampai di sini

apa yang saat ini ada di depanku

aku bersyukur akan ada perubahan

aku bersyukur mampu lepas


***

Solo, Rabu, 5 Juni 2019. 8:28 am

'salam damai penuh cinta'

Suko Waspodo

antologi puisi suko

ilustr: sweetcouch


0 comments:

Posting Komentar