Welcome...Selamat Datang...

Minggu, 21 Agustus 2022

Tangan


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

aku belum lupa
bahwa aku hanya satu orang
bahwa aku hanyalah satu suara
mencoba untuk menonjol
dari kerumunan

aku ingat
bahwa aku telah jatuh
di tengah tawa
itu mengelilingiku, dan terkadang
ini menjadi terlalu keras

aku tahu
bahwa aku tidak bisa duduk di sini
dan mengharapkan kesunyianku
untuk membangkitkan perubahan
tanpa alasan

aku dapat melihat
bahwa aku tidak tahu segalanya
yang tidak bisa aku harapkan
tanganku untuk dipegang
selalu

aku dapat merasakan
waktu itu tergelincir
oleh aku, itu
akan hilang jika aku hanya
berdiri diam

aku telah mendengar
bahwa ada sejuta
suara lain yang terdengar
seperti milikku, keinginan itu juga
untuk didengar

aku telah diberitahu
itu tidak cukup untuk
berharap untuk mimpi, bahwa aku
harus bekerja mereka
menjadi kenyataan

aku tahu bahwa aku tidak tahu
semua yang aku pikir aku tahu
aku tahu aku tidak akan melihat semuanya
tempat-tempat yang ingin aku kunjungi
aku tahu aku belum siap
untuk semua yang dituntut dunia
engkau tidak harus selalu memeluk aku
biarkan aku melihat tanganmu

aku tahu
ada banyak
bahwa aku tidak akan mengerti
bahwa engkau tidak memiliki segalanya
dari jawaban

aku belum lupa
bahwa aku harus tumbuh dewasa
dan suatu hari nanti hidup tanpa
suaramu, pendapatmu
membuat keputusanku sendiri

aku tahu bahwa aku tidak tahu
semua yang kupikir aku tahu
aku tahu bahwa aku mungkin tidak melihat semua
dari tempat-tempat yang ingin kukunjungi suatu hari nanti
aku tahu aku belum siap untuk semuanya
bahwa aku tidak akan selalu mengerti
engkau tidak harus selalu memegang aku
tetapi terkadang
biarkan aku menyentuh tanganmu

***
Solo, Jumat, 12 November 2021. 7:25 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
ilustr: Maria Kreyn
 

0 comments:

Posting Komentar