Welcome...Selamat Datang...

Minggu, 23 Oktober 2022

Pengembaraan Penyakit Sinusitis Selama Beberapa Dekade Disembuhkan oleh Otolaryngologist


Setelah tiga kali operasi yang gagal dan kunjungan dokter yang tak terhitung jumlahnya, Nadia Campbell masih tidak memiliki indra perasa atau penciuman dan menderita sakit sinus yang parah dengan hidung berair terus-menerus.

"Saya biasa bangun di malam hari secara harfiah setiap jam untuk meniup hidung saya karena ada begitu banyak kemacetan dan kesulitan bernapas," katanya. "Saya tidak pernah mendapatkan tidur malam yang nyenyak."

Dan setelah 18 tahun bepergian ke negara bagian untuk mencari obat, dia telah putus asa untuk hidup normal.

"Saya benar-benar menangis kegirangan ketika saya berjalan ke Loyola dan mereka memahami kondisi saya dan sangat akrab dengan perawatannya," kata Campbell, ibu dua anak berusia 38 tahun. "Sebelumnya, organisasi medis lain mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak dapat membantu saya. Dr. Patadia berspesialisasi dalam kondisi sinus, menangani kasus saya dan dengan ahli membimbing saya untuk perawatan."

Campbell menderita triad Samter, kondisi medis langka yang melibatkan kombinasi polip hidung, asma dan kepekaan terhadap aspirin.

"Kondisi penyakit sinus bisa sangat umum, tetapi itu benar-benar membutuhkan pusat medis akademis untuk mendiagnosis dan mengobati kasus langka seperti Nadia," kata Monica Patadia, MD, otolaryngologist di Loyola University Health System. Asisten profesor di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine mengkhususkan diri dalam operasi revisi sinus dan penyakit parasinus hidung. "Saya mengkoordinasikan tim medis terpadu termasuk ahli alergi/imunologi dan paru dan bersama-sama kami berkolaborasi dalam perawatan Nadia dan menyelesaikan krisis kesehatannya."

Otolaringologi Loyola berada di peringkat ke-29 dari 50 besar dalam peringkat Rumah Sakit Terbaik 2014 -- 2015 dari US News & World Report. Hanya 3% rumah sakit yang mendapatkan peringkat nasional dalam spesialisasi apa pun.

Setelah mempelajari riwayat kesehatannya, Dr. Patadia melakukan beberapa tes termasuk pemindaian computer tomography (CT) perencanaan operasi khusus, dan menggunakan kamera hidung endoskopik khusus untuk melihat polip hidung.

Dr Patadia melakukan operasi non-invasif dalam pengaturan rawat jalan. "Tidak ada bekas luka di wajah Nadia. Kami menghilangkan polip, daerah yang terinfeksi dan membuka rongga sinus di seluruh hidungnya," kata Patadia yang telah melakukan ratusan operasi sinus. "Spacer tertinggal di saluran hidungnya untuk mempercepat penyembuhan dan dilepas kurang dari satu minggu setelah operasi."

Perawatan imunologi membuat Campbell tidak peka terhadap aspirin dan ahli alergi/imunologi menyempurnakan pengobatannya.

Setelah operasi, Nadia tidak memerlukan pencitraan lebih lanjut. "Dengan memeriksa hidung dengan endoskop, kami mencegah perlunya paparan radiasi lagi," kata Dr. Patadia, yang menggunakan kamera untuk memeriksa hidung. "Ketika sinus menyala seperti labu atau jack o' lantern, Anda tahu sinus terbuka lebar dan itu hal yang baik."

Campbell kembali bekerja dalam seminggu. "Saya bangun dan bisa mencium bau sarapan dan bisa mencicipi kopi," katanya. "Saya tidak perlu memastikan bahwa saya membawa banyak tisu karena hidung saya tidak berair atau iritasi untuk pertama kalinya."

Dr. Patadia secara teratur melakukan penelitian tentang kondisi sinus, termasuk triad Samter, di Loyola. "Pasien saya biasanya datang dengan membawa berkas rekam medis yang tebal karena mereka telah lama mencoba menemukan obat untuk penyakit mereka," kata Patadia, ahli bedah kepala dan leher bersertifikat. "Sebagian besar merasakan kelelahan dan nyeri wajah yang konstan dan mengalami sinusitis berulang."

Menurut American Academy of Otolaryngology, lebih dari 37 juta orang Amerika menderita setidaknya satu serangan penyakit sinusitis akut per tahun menjadikannya penyakit medis yang paling umum. Otolaryngology adalah spesialisasi medis kondisi telinga, hidung dan tenggorokan (THT).

"Jika Anda memiliki gejala seperti pilek yang tidak kunjung hilang, dan/atau kasus sinusitis yang berulang, temui spesialis telinga, hidung dan tenggorokan bersertifikat, sebaiknya terkait dengan pusat medis akademis," kata Patadia, yang telah menyelesaikan lebih dari 15 tahun pelatihan medis akademik. "Selain menerima perawatan oleh spesialis berpengalaman, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam uji coba penelitian yang unik." Dokter THT Loyola merawat anak-anak dan orang dewasa dengan gangguan pendengaran, keseimbangan, penciuman dan rasa; alergi; cedera kepala dan leher; kanker kepala dan leher; gangguan suara dan menelan serta gangguan tidur. Di antara alat diagnostik yang digunakan adalah pengujian keseimbangan dan peralatan audiologis dan pencitraan yang paling canggih. "Loyola dikenal secara internasional untuk mencapai hasil yang sangat baik dalam operasi sinus endoskopik," kata Patadia, yang berspesialisasi dalam operasi sinus. Para dokter THT di Loyola juga melakukan operasi hidung, bedah dasar tengkorak dan bedah rekonstruksi kepala dan leher serta pemasangan alat bantu dengar untuk telinga tengah dan implan koklea.

Spektrum lengkap layanan THT tersedia di Loyola Medical Center dan Loyola Outpatient Centre di Maywood. Layanan juga ditawarkan di Loyola Center for Health lokasi di Burr Ridge, Homer Glen, Oakbrook Terrace North, Wheaton dan Woodridge.

"Sejak operasi, saya bisa tidur sepanjang malam tanpa bangun untuk meniup hidung saya," kata Campbell. "Saya benar-benar orang baru."

(Materials provided by Loyola University Health System)

***
Solo, Senin, 6 Februari 2022. 7:08 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
image: Dallas ENT
 

0 comments:

Posting Komentar