Welcome...Selamat Datang...

Minggu, 23 Oktober 2022

Aku Tiba di Tempat Aku Asing


 

 

 

 

 

 

 

 

tidak ada yang genting seperti hidup
tidak ada yang seperti menjadi sementara
ini sedikit meleleh untuk es
dan untuk angin jadilah ringan

aku tiba di tempat aku asing
suatu hari engkau melintasi perbatasan
engkau dari mana tapi mau kemana
besok apa yang penting dan apa yang kemarin

hati berubah dengan tumbuhan berduri
semuanya tanpa sajak atau pengampunan
letakkan jarimu di sana di pelipismu
sentuh masa kecil dengan matamu

lebih baik matikan lampunya
malam lebih lama lebih cocok untuk kita
ini hari besar yang semakin tua
pepohonan itu indah di musim gugur

tetapi apa yang terjadi pada anak itu
aku melihat diriku sendiri dan bertanya-tanya
dari pelancong yang tidak dikenal ini
dari wajahnya dan kakinya yang telanjang

sedikit demi sedikit engkau menjadi diam
tetapi tidak cukup cepat
untuk tidak merasakan perbedaanmu
dan pada dirimu di masa lalu
jatuhkan debu waktu

lagi pula itu adalah waktu yang lama tuk menua
pasir lolos di antara jari-jari kita
ini seperti air dingin yang naik
ini seperti rasa malu yang semakin besar

kulit untuk berteriak bahwa kita jinak
ini waktu yang lama untuk menjadi jantan
butuh waktu lama untuk melepaskan segalanya
dan apakah engkau merasakan metamorfosis
yang dibuat di dalam diri kita

perlahan tekuk lutut kita
oh laut yang pahit, oh laut yang dalam
pukul berapa pasangmu
berapa tahun-detik yang dibutuhkan
untuk pria menarik kembali

mengapa dengan kejenakaan ini
tidak ada yang genting seperti hidup
tidak ada yang seperti menjadi sementara
ini sedikit meleleh untuk es
dan untuk angin jadilah ringan
aku tiba di tempat aku orang asing

***
Solo, Senin, 7 Februari 2022. 4:28 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
image: liosite
 

0 comments:

Posting Komentar