Welcome...Selamat Datang...

Selasa, 09 Maret 2021

Dalam Pencarian

 

Dalam sebagian besar hidupku, aku telah melakukan pencarian. Untuk menemukan siapa aku sebenarnya. Mencari dengan sungguh-sungguh, hari demi hari. Sangat ingin mengenali diriku.

Aku telah merasakan saat-saat pemenuhan sepenuhnya. Dan saat-saat aku tidak bisa melanjutkan. Tetapi aku tahu demi hati dan jiwaku, untuk berhasil, aku harus kuat.

Tetapi orang-orang di sekitarku tampak kehilangan diri mereka sendiri. Bahwa aku takut aku akan sendirian. Namun kemudian akan ada seseorang, yang akan menjangkau dan membantu. Serta mengingatkan aku, aku tidak sendirian.

Aku sangat ingin bahagia. Untuk mengetahui apa artinya merasakan kedamaian. Dan aku berpikir jika akhirnya aku yakin pada diriku sendiri. Maka rasa sakit dan kesulitan akan berhenti.

Tetapi aku telah belajar bahwa perjalanan ini tidak ada habisnya. Penemuan ini senantiasa segar setiap hari. Dan tidak peduli seberapa banyak aku tahu tentang diriku sendiri. Itu akan menjadi saat-saat aku masih akan tersesat.

Dan seiring bertambahnya usia, aku benar-benar percaya. Aku mungkin tidak pernah tahu semua yang aku mampu. Tetapi jawabannya tidak menunggu di dunia. Namun selalu ada di dalam diriku.

Kita semua dalam pencarian ini untuk menemukan diri kita sendiri. Bersama-sama tetapi melalui cara kita masing-masing. Mengatasi apa pun yang mungkin ada di jalan kita. Jadi kita bisa merasa lebih baik suatu hari nanti.

Tetapi selalu ingat untuk tidak menyimpang jauh. Dari yang penting dan apa yang benar. Dalam hidup ini kita tidak harus sempurna. Pada akhirnya, kita hanya harus menjadi diri kita sendiri.

***
Solo, Rabu, 13 November 2019. 5:41 am
'salam damai penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
painting by Yoram Raanan

0 comments:

Posting Komentar