Welcome...Selamat Datang...

Selasa, 22 Desember 2020

Penulis dan Budaya











merah adalah budaya

merah adalah engkau

setelah pemberontakan

setelah hijau

engkau telah menjadi hitam

budayamu hitam

mungkin aku akan menulis 

dalam warna hitam


hip pop, hip hop, pop bi

joki ketat, badan longgar

longgar adalah kostumnya

longgar adalah masa depanmu

itu adalah budayamu


aku bangun di saat panas

mengencangkan kakiku

panas kosong, kosongkan zest

aku haus untuk mengubahmu

bisakah engkau memberiku air?


engkau juga bangun di saat panas

berpose perlengkapanmu

di sekitar pengaturanmu

aku haus akan air

engaku haus akan budaya


engkau lupa asal dan benihmu

sementara engkau sibuk 

memberi makan kebutuhan

engkau ingin tren

engkau ingin campuran

memikirkan perubahan 

adalah keharusan


aku melihat bangunan budaya massa

di luar rumah engkau berlutut

engkau berlutut dengan perasaan

mengemis untuk hibriditas

untuk budaya religi


aku bukan seorang penyair

tetapi kondisimu membuatku

aku punya pertanyaan untuk budayamu

apakah akan berlanjut di masa depan?

aku pikir ya; lalu engkau bilang apa?


***

Solo, Rabu, 21 Agustus 2019. 11:31 am

'salam damai penuh cinta'

Suko Waspodo

antologi puisi suko

ilustr: Arts Council


0 comments:

Posting Komentar