Welcome...Selamat Datang...

Senin, 11 Mei 2020

Ketika Aku Mulai Mencintai Diriku Sendiri


Ketika aku mulai mencintai diriku sendiri, aku menemukan bahwa penderitaan dan penderitaan emosional hanyalah tanda-tanda peringatan bahwa aku hidup melawan kebenaranku sendiri. Hari ini, aku tahu, ini otentisitas.

Ketika aku mulai mencintai diriku sendiri, aku mengerti betapa hal itu dapat menyinggung seseorang ketika aku mencoba untuk memaksakan keinginanku pada orang ini, walaupun aku tahu waktunya tidak tepat dan orang itu tidak siap untuk itu, dan meskipun orang ini aku. Hari ini, aku menyebutnya hormat.

Ketika aku mulai mencintai diriku sendiri, aku berhenti mengidam-idamkan kehidupan yang berbeda, dan aku mampu melihat bahwa segala sesuatu di sekitarku mengundangku untuk tumbuh. Hari ini, aku menyebutnya kematangan.

Ketika aku mulai mencintai diriku sendiri, aku mengerti bahwa pada keadaan apa pun, aku berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, dan semuanya terjadi pada saat yang tepat, sehingga aku mampu tenang. Hari ini, aku menyebutnya percaya diri.

Ketika aku mulai mencintai diriku sendiri, aku berhenti mencuri waktuku sendiri, dan aku berhenti merancang proyek-proyek besar untuk masa depan. Hari ini, aku hanya melakukan apa yang memberi aku kegembiraan dan kebahagiaan, hal-hal yang aku sukai dan yang membuat hatiku bersorak, dan aku melakukannya dengan caraku sendiri dan dalam ritmeku sendiri. Hari ini, aku menyebutnya penyederhanaan.

Ketika aku mulai mencintai diriku sendiri, aku membebaskan diriku dari apa pun yang tidak baik untuk kesehatanku - makanan, orang-orang, benda-benda, situasi dan segala sesuatu yang membuat aku menjauh dan menjauh dari diriku sendiri. Awalnya aku menyebut sikap ini egoisme yang sehat. Hari ini, aku tahu itu adalah cinta diri.

Ketika aku mulai mencintai diriku sendiri, aku berhenti berusaha untuk selalu menjadi benar, dan sejak saat itu, aku semakin salah. Hari ini, aku menemukan itu adalah kesederhanaan.

Ketika aku mulai mencintai diriku sendiri, aku menolak untuk terus hidup di masa lalu dan khawatir tentang masa depan. Sekarang, aku hanya hidup untuk saat ini, di mana segalanya terjadi. Hari ini, aku hidup setiap hari, hari demi hari, dan aku menyebutnya pemenuhan.

Ketika aku mulai mencintai diriku sendiri, aku menyadari bahwa pikiranku dapat menggangguku dan itu dapat membuat aku sakit. Tetapi, ketika aku menghubungkannya dengan hatiku, pikiranku menjadi sekutu yang berharga. Hari ini, aku menyebutnya hubungan kebijaksanaan hati.

Kita tidak perlu lagi takut dengan argumen, konfrontasi atau masalah apa pun dengan diri kita sendiri atau orang lain. Bahkan bintang-bintang bertabrakan, dan keluar dari dunia baru mereka yang hancur lahir. Hari ini, aku tahu ... Itulah Kehidupan.

***
Solo, Jumat, 22 Februari 2019. 7:25 am
'salam damai penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
kompasiana
pepnews
ilustr: stranstviy

0 comments:

Posting Komentar