Welcome...Selamat Datang...

Sabtu, 15 Mei 2021

Cara Memulihkan Nyeri Emosional Ketika Hidup Menghancurkan Anda


Hidup menyediakan penderitaan, penyembuhan membutuhkan bantuan.

Apakah anda melihatnya datang atau tidak, perasaannya sama: Anda hancur. Anda terkesiap pada kerentanan anda dan bertanya-tanya, "Mengapa ini terjadi?"

Piring kehidupan begitu banyak kesulitan: patah hati, sakit, cedera, kematian, ditinggalkan. Meskipun kita dapat berbagi pengalaman serupa, setiap luka adalah masalah pribadi. Tidak peduli berapa kali orang yang bermaksud baik mengatakan, "Kami mengerti," mereka tidak. Anda bahkan mungkin membenci mereka karena mencoba.

Sebagai psikoterapis, saya pernah duduk dengan banyak orang yang terluka. Saya menyaksikan rasa sakit mereka dan melakukan yang terbaik untuk memberikan ruang untuk itu. Bahkan ketika mereka berteriak, "Mengapa ini terjadi?" Saya mencoba untuk tidak terlibat dalam kenyamanan reaktif. Nasihat atau jawaban cepat selalu terasa salah, bahkan menghina, ketika seseorang sangat terluka.

Penderitaan sebagai Guru

Setelah hampir 25 tahun berlatih psikoterapi, inilah yang saya pelajari: Ketika anda dijatuhkan dengan kejam seumur hidup, jangan langsung bangkit kembali. Seperti tersandung dan jatuh, anda memiliki dorongan untuk bangkit dan mulai bergerak lagi. Tetapi mengabaikan cedera serius akan membuatnya lebih buruk. Nyeri menuntut perhatian; itu perlu diakui dan dipeluk sebelum anda bisa melanjutkan.

Kisah Anita

Ketika saya bertemu Anita, dia baru saja menderita salah satu luka terburuk: kematian anaknya yang masih kecil. Selama berminggu-minggu, dalam sesi-sesi individual, dia duduk diam, terpisah dan tabah. "Air mata tidak akan membawa putriku kembali," katanya datar, sambil terus bekerja di pekerjaan keuangan yang dia benci dan menghindari kesedihannya.

Ketika saya memintanya untuk menghadiri salah satu kelompok dewasa saya, dia mengejek, "Tidak ada gunanya." Tetapi, dengan sedikit dorongan, dia setuju. "Aku akan melakukannya untukmu," desahnya, "Tetapi itu buang-buang waktu."

Selama sesi kelompok pertamanya, ketika ditanya mengapa dia menjalani terapi, dia menghela napas dan menjawab, "Putriku ... dia ... putriku ...."

Tiba-tiba Anita tidak bisa berbicara. Dia tidak bisa menemukan kata-kata. Dia berjuang untuk menelan kesedihannya dan menahan air matanya.

“Adalah kesalahan untuk datang ke sini. Maaf."

Ketika dia berdiri dan mengumpulkan barang miliknya untuk pergi, seorang wanita yang intuitif mengulurkan tangan dan berkata, dengan hangat,

"Aku juga kehilangan seorang anak."

Tiba-tiba Anita terduduk kembali ke kursinya dan membiarkan air matanya mengalir. Dia menangis lama dan keras, terengah-engah ketika kelompok itu memberikan ruang bagi rasa sakitnya. Dalam minggu-minggu berikutnya, dia menantikan sesi kelompok. Perlahan, dengan bantuan kelompok, dia menyadari bahwa cara terbaik untuk menghormati putrinya adalah menemukan cara baru untuk merangkul kehidupan.

Yang Harus Dilakukan Setelah Anda Terluka Secara Emosional

Saya menghitung diri saya di antara patah hati. Saya telah merawat orang-orang yang sekarat, yang hilang yang dicintai, menderita patah hati. Saya menangis sendirian di jalan, di kantor saya, kadang-kadang dengan teman dan keluarga, kadang-kadang dengan pasien. Saya mencoba menghindari sakit hati tetapi, seperti semua orang, akhirnya menemukan saya. Itu salah satu kepastian hidup yang kejam.

Cara Mendukung Proses Penyembuhan Anda

1. Hormati Rasa Sakit Anda

Menghindari rasa sakit justru meningkatkannya. Untuk menyembuhkan, anda harus melewati pintu kesedihan. Luka emosional melampaui "kesedihan"; mereka merasakan kedalaman diri anda. Hormati rasa sakitmu; jangan lari darinya. Cabut, sisihkan waktu untuk berefleksi, dan beri diri anda izin untuk bersedih. Jika orang yang bermaksud baik mendorong anda untuk "mengatasinya," abaikan mereka. Waktu dan kesabaran adalah kunci pemulihan. Kelilingi diri anda dengan teman-teman yang mengerti itu.

2. Jangkau

Menyendiri adalah bagian dari penyembuhan, tetapi periode isolasi yang lama tidak sehat. Rasa sakit yang dalam selalu memunculkan setan-setan pribadi, seperti menyalahkan diri sendiri, memeluk korban, atau kepahitan. Pilihan semacam itu melahirkan jebakan, bukan kebebasan. Jangkau teman-teman, temukan kelompok pendukung atau program dua belas langkah, cari kenyamanan dalam doa, meditasi, atau filsafat — apa pun yang membuat anda merasa tenang. Alih-alih merindukan keajaiban, buatlah.

3. Istirahat

Penting untuk beristirahat dari rasa sakit anda, dan terlibat dalam kompartementalisasi yang sehat. Setiap orang menemukan kelegaan dengan cara yang berbeda. Beberapa menemukannya kegiatan kreatif seperti menulis, membaca, musik, seni, atau film. Orang lain menemukannya dalam gerakan seperti menari, hiking, jalan-jalan, dan lain-lain. Pilih tugas yang memungkinkan anda melarikan diri dengan melangkah ke realitas lain, bahkan jika itu hanya untuk beberapa saat. Jangan khawatir: Rasa sakit anda akan menunggu anda ketika anda kembali, tetapi anda akan lebih baik dibentengi, diistirahatkan, dan siap menghadapinya.

4. Belajar Darinya

Saya pernah mendengar dikatakan bahwa jalan menuju kebijaksanaan ditaburi dengan penderitaan. Refleksi, penjelajahan, dan perenungan, tanpa serangan atau menyalahkan diri sendiri, membuka anda pada pemahaman dan belas kasih yang lebih besar untuk diri sendiri dan orang lain. Sikap belajar akan membantu anda menemukan nilai dalam pengalaman itu. Anda mungkin juga menemukan kebebasan baru yang aneh: pulih dari trauma emosional atau patah hati membuat anda lebih kuat, lebih bijaksana, dan lebih tangguh.

5. Pindah

Beberapa orang membiarkan penderitaan untuk mendefinisikan mereka, membentuk mereka dan, pada akhirnya, merampok mereka dari kehidupan. Bertahun-tahun yang lalu, saya diundang untuk menghadiri pernikahan antara dua janda di usia 90-an. Setiap orang yang hadir sangat tersentuh, bukan oleh pelayanan, tetapi oleh semangat pasangan untuk tetap hidup. Setelah anda memberi diri anda waktu untuk berduka dan bersedih, setelah anda menjangkau orang lain untuk mendapatkan dukungan dan memberi ruang bagi pemulihan anda, anda harus membuat keputusan: Apakah anda akan membiarkan rasa sakit emosional menahan anda atau apakah anda memutuskan untuk menggunakannya untuk mendorong anda ke arah yang baru?

Bertahun-tahun setelah menyelesaikan terapi kelompoknya, Anita menelepon untuk memberi tahu saya tentang hidupnya. Dia meninggalkan pekerjaan banknya dan memperoleh gelar dalam pendidikan anak usia dini. Dia bekerja di sekolah dasar yang harus dihadiri putrinya sebelum meninggal. Ketika saya bertanya kepada Anita bagaimana perasaannya, dia menjawab sederhana, “Saya masih merindukannya. Tetapi aku punya begitu banyak anak yang harus diurus sekarang. Saya suka membayangkan bahwa putri saya, di mana pun dia berada, sangat bangga dengan ibunya. ”

***
Solo, Senin, 24 Februari 2020. 5:31 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
ilustr: The Evolved Woman



 

0 comments:

Posting Komentar