Welcome...Selamat Datang...

Sabtu, 23 Oktober 2021

Selalu Ada Cara Lain


 

 

 

 

 

 

 

 

 

waktunya pergi, meninggalkan tempat ini
sebuah suara bayangan memang menangis
tetapi suara itu suaraku sendiri
dan aku masih bertanya-tanya mengapa

waktu ada di sini untukku sekarang
seperti beban, hentakan berat
atau sudahkah diangkat? sulit dikatakan
pertanyaan terus muncul

yang tidak diketahui menunggu
seperti yang terjadi
untuk beberapa orang bodoh yang berani

apakah itu kebodohan?
keingintahuan mungkin?
atau sesuatu yang tidak kusadari

karena aku takut dan pedih sekarang
lebih dari sebelumnya saat ini
air mata mengaburkan mataku
saat pena bertemu kertas
dan aku berharap untuk pendakianku

aku meninggalkan apa yang aku pahami
dan bahkan dengan semua komunikasi
aku tahu untuk saat ini tanpa keraguan
aku melayang, dalam perjalanan tempat baru

namun siapa yang mengatakan yang akan berlalu
serta apa yang masih ada di depan
aku hanya tahu bahwa aku di sini
aku akan merindukan sampai mati selamanya

namun untuk saat ini masih ada nyala di dalam
meski hampir sekarat setiap hari
untuk menerangi jalan yang jarang dilalui
dengan tergesa-gesa aku sudah melangkah

tetapi apakah aku lari dari itu aku tak bisa?

melarikan diri dari diri sendiri selalu singkat
sebelum kita dihadapkan lagi
berburu untuk bantuan

namun aku masih mengikuti jalan berbahayaku
ke mana pun itu mungkin memimpin
dan mungkin saja, ke sesuatu yang baru
dan anehnya lebih mengundang

atau mungkin juga tidak

tetapi siapa yang tahu, sebelum aku
nasib siapa pun di bumi ini
aku tidak ingin bertaruh

sebab hidup bisa memimpin dalam banyak hal
seringkali sekarang tidak diinginkan
nasib terkadang bisa menghadapi tangan kejam
tetapi kita bermain terus, dingin dan lelah

dan seni lahir dari kehidupan
keras, sedih dan terinjak

maka muncullah keindahan luar biasa
dan beberapa arah dari peti mati

menemukannya adalah hal yang sulit
terkadang dibiarkan begitu saja
tetapi waktu terus berjalan
dan bertahun-tahun ia terbang
aku yakin itu tidak terbeli

maka kita mencari, seperti halnya aku
untuk hal-hal yang membawa pada esok hari
yang lemah adalah mereka yang tidak mengejar
dan merana dalam kesedihannya

kebahagiaan itulah yang aku kejar
dan berharap tuk menemukan suatu hari nanti
aku akan menghitung artinya lagi, aku yakin

selalu ada cara lain ...

***
Solo, Kamis, 16 Juli 2020. 3:01 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
painting by Nancy Reyner

 

0 comments:

Posting Komentar