Welcome...Selamat Datang...

Selasa, 13 Oktober 2020

Aku, Harga Diri dan Bebas Nurani

Aku harus hidup dengan diriku sendiri dan sebagainya. Aku ingin menjadi bugar untuk diriku sendiri. Aku ingin selalu mampu melalui hari, selalu menatap dengan lurus. Aku tidak ingin berdiri dengan matahari terbenam dan membenci diriku sendiri untuk hal-hal yang telah aku lakukan.

Aku tidak ingin tetap di rak lemari. Banyak rahasia tentang diriku dan membodohi diriku sendiri saat aku datang dan pergi. Untuk berpikir tidak ada orang lain yang akan tahu, tipe orang seperti apa aku ini sebenarnya. Aku tidak ingin mengenakan pakaian sendiri secara palsu.

Aku ingin keluar dengan kepala tegak. Aku ingin mendapatkan penghormatan semua orang; tetapi di sini dalam perjuangan untuk ketenaran dan kekayaan. Aku ingin bisa menyukai diri sendiri.

Aku tidak ingin melihat diri saya sendiri dan tahu itu. Aku menggertak dan terus menggertak serta menunjukkan kosong.

Aku tidak pernah bisa menyembunyikan diri. Aku melihat apa yang orang lain mungkin tidak pernah melihatnya. Aku tahu apa yang orang lain mungkin tidak pernah tahu. Aku tidak pernah bisa membodohi diri sendiri dan sebagainya. Apa pun yang terjadi aku ingin memiliki harga diri dan bebas nurani.

***

Solo, Jumat, 21 Juni 2019. 8:48 am

'salam damai penuh cinta'

Suko Waspodo

antologi puisi suko

ilustr: L.A. Bryson

0 comments:

Posting Komentar