Welcome...Selamat Datang...

Sabtu, 21 September 2013

Saya Kecanduan Menulis


Titik balik yang saya alami ini mungkin bukan hal yang luar biasa, tetapi bagi saya sungguh dahsyat dampaknya. Hal ini terkait dengan kegemaran saya sekarang, menulis di Kompasiana.

Saya bekerja di lingkungan pendidikan dan sangat terkait dengan bidang tulis menulis ilmiah. Latar belakang saya sendiri juga pernah belajar di bidang studi bahasa. Jadi sangat dekat dengan masalah tulis menulis fiksi maupun non fiksi. Tetapi anehnya sebelum di Kompasiana saya hampir tidak pernah menulis, bahkan di media jurnal ilmiah yang ada di lingkungan kerja saya sekali pun. Walaupun saya berlatar belakang bidang studi bahasa namun saya tidak pernah percaya diri untuk menulis. Semasa sekolah pun saya paling tidak suka dengan pelajaran mengarang. Rasanya terlalu banyak aturan penulisan yang semula saya rasa membelenggu. Kecuali menulis puisi, saya ketika sekolah masih bisa menikmatinya.

Namun saya mengalami titik balik ketika saya bergabung di Kompasiana. Bermula dari membaca dan mengomentari beberapa artikel teman-teman kompasianer lalu muncul keinginan menulis. Dan yang bagi saya luar biasa adalah tulisan pertama saya di Kompasiana “Lembar Kerja Siswa (LKS), Pembodohan dan Bisnis Berkedok Pendidikan”, yang termuat pada tanggal 22 April 2012 langsung diganjar HL. Tentu saja pengalaman ini membuat saya terkejut dan hampir tidak percaya. Ternyata tulisan saya bisa dinikmati dan layak, paling tidak menurut admin Kompasiana.

Sejak itu lah tulisan saya terus mengalir, artikel tentang pendidikan, politik, muda, kejiwaan, kesehatan, seksologi, catatan dan masih banyak lagi termasuk yang tulisan fiksi. Tulisan saya yang paling banyak puisi. Titik balik keberanian menulis di Kompasiana membuat saya benar-benar kecanduan menulis. Hampir setiap hari minimal ada satu tulisan yang saya posting di Kompasiana. Selalu ada saja ide tulisan yang muncul dan saya merasa ternyata saya memiliki bakat menulis dan semakin lama semakin terasah. Beberapa kali tulisan saya masuk HL dan TA bahkan hampir setiap tulisan saya akhir-akhir ini selalu masuk dalam ‘teraktual’, ‘inspiratif, ‘bermanfaat’ atau ‘menarik. Rasanya sangat asyik menulis di Kompasiana. Meski tanpa imbalan finansial tapi rasanya ada kepuasan batin.

Saya mengalami titik balik dalam ‘kegilaan’ dan ‘kecanduan’ menulis ini di usia saya yang sudah tidak muda lagi. Namun justru disini saya merasa bahwa nanti di masa pensiun saya, saya sudah memiliki keasyikan sendiri untuk mengisi hari-hari saya; dengan menulis, menulis dan menulis. Semoga sharing pengalaman saya ini bisa memberi inspirasi bagi siapa pun yang selama ini masih ragu-ragu untuk menulis. Terima kasih Kompasiana yang telah membuat saya mengalami titik balik dalam kehidupan saya sehingga berani menulis.

Salam damai penuh cinta.

***
Solo, Rabu, 17 Juli 2013
Suko Waspodo

0 comments:

Posting Komentar