Welcome...Selamat Datang...

Sabtu, 27 Juni 2020

Sesuatu untuk Dijinakkan


Aku telah melihat apa yang dapat dilakukan kata-kata. Ketika aku berurusan dengan orang di mana-mana. Lidah itu kuat, itu benar. Sesuatu untuk dijinakkan dan digunakan dengan hati-hati.

Aku telah melihat kata-kata dengki merusak kehidupan. Dan kata-kata lembut menyembuhkan serta memberkati. Aku telah melihat kata-kata ceroboh menimbulkan perselisihan. Dan kata-kata yang lembut meringankan tekanan.

Aku telah menyaksikan keheningan berbicara dengan keras. Dan obrolan kosong membawa kerusakan. Terlihat kata-kata tepat waktu meyakinkan kerumunan. Dan kata-kata tergesa-gesa berakhir dengan kesedihan.

Aku telah melihat orang memakan kata-kata mereka. Siapa yang sepertinya tidak mampu menahan lidah mereka. Melihat mereka mengambil rasa malu yang ditimbulkannya. Ketika mereka terbukti salah.

Lidahku juga bisa tersesat. Jadi, ya Tuhan, bantu aku berjaga-jaga. Kepada siapa aku berbicara dan apa yang akan aku katakan. Bagaimana aku berbicara serta kapan dan di mana.

***
Solo, Selasa, 9 April 2019. 5:55 pm
'salam damai penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
kompasiana
pepnews
ilustr: Jean-Michel Basquiat

0 comments:

Posting Komentar