Welcome...Selamat Datang...

Kamis, 15 Juli 2021

Dalam Kesedihan


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

haruskah aku layu dan jatuh seperti daun musim gugur
dari kesedihan yang dalam ini - dari kesedihan yang menyakitkan ini?
bagaimana aku bisa maju atau menemukan cara untuk menjadi kuat?
akankah aku kembali menikmati lagu manis kehidupan?

terkadang memori yang hangat memancarkan cahaya dalam gelap
dan meredakan rasa sakit seperti kicauan burung saat pagi
kemudian ia terbang dengan sayap yang sunyi dan aku sendirian
lapar akan lebih banyak cahaya yang telah bersinar

haruskah kesedihan ini memenjarakan diriku
seperti badai musim dingin di lautan amarah yang luas?
bagaimana aku bisa mengisi kekosongan dan kebutuhan yang dalam
untuk menanam kembali hatiku dengan benih harapan yang indah?

lalu aku melihat foto wajah tersenyum lembutmu
dan untuk sesaat aku melarikan diri ke tempat bahagia yang damai
mengingat tawa dan semua yang sering engkau lakukan
menghargai semangatmu yang jujur, peduli, dan penuh kasih

bunga-bunga ceria musim semi akan menghidupkan kembali
dan izinkan aku tuk melupakan penderitaan karena kehilangan engkau
akankah ledakan kehidupan baru musim semi mendatangkan harapan
serta mengajari jiwaku yang berduka bagaimana mengatasinya?

kadang aku akan membaca buku berharga yang engkau berikan kepadaku
dan makna khusus setiap kata membuat aku melihat
hadiah cinta yang berharga yang aku terima
dan aku sadar engkau tak akan pernah ingin melihat aku berduka

matahari musim panas yang hangat dan cerah akan membawa cahaya baru
dan membebaskan pikiranku yang sedih akan keadaan yang mengerikan?
apakah angin sepoi-sepoi lembut mengusir awan gelap kesedihan
dan menunjukkan padaku jalan yang jelas menuju hari yang lebih baik?

saat kukunjungi makam tempatmu berbaring dalam kedamaian abadi
aku tahu bahwa kematian dan surga membuat engkau dibebaskan
aku mencoba membayangkan sukacitamu di pantai yang melintasi laut
dan, sampai aku bergabung denganmu, itu sudah cukup bagiku

untuk semua musim sisa hidupku di bumi
akan ada hari-hari aku akan merindukan kegembiraanmu
dan terkadang aku dengan sedih merindukan semua yang lalu
kehilangan percakapan kita dan cara pengertianmu yang lembut

namun, pelajaran kebaikan dan cinta yang engkau ajarkan kepadaku
serta hal-hal baik dalam hidup yang engkau tunjukkan kepadaku
tetap sebagai hadiah abadi yang menghibur dan akan menopang
sampai kulakukan perjalanan ke pantai damai itu dan menjumpaimu lagi

***
Solo, Selasa, 28 April 2020. 5:01 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko
painting by Tijana Dobic

 

0 comments:

Posting Komentar